Perbedaan Tepung Maizena, Taiopka, dan Terigu yang Perlu Anda Ketahui sebelum Menggunakanya

Tepung adalah bahan makanan berbentuk serbuk halus. Tepung memiliki manfaat yang bermacam-macam tergantung pada jenisnya. Namun meskipun berbeda-beda kegunaan secara umum, akan tetapi beberapa jenis tepung dapat saling menggantikan. Sebagian jenis tepung ada yang mengandung gluten dan hal tersebut cukup mengganggu bagi para penderita intoleransi gluten. Contohnya adalah tepung terigu yang merupakan salah satu tepung yang mengandung gluten.

Perbedaan Tepung Maizena, Taiopka, dan Terigu

Ada beberapa jenis tepung yang secara umum beredar di pasaran. Jenis tepung tersebut antara alin adalah tepung maizena, tepung tapioca dan tepung terigu. Berikut adalah perbedaan dari ketiganya :

  • Tepung Maizena

Tepung maizena adalah berasal dari biji jagung. Jenis tepung ini sering digunakan dalam pembuatan kue juga sebagai pengental masakan sup atau saus. Tepung maizena juga bisa dicampurkan dengan tepung terigu dan digunakan sebagai pelapis makanan yang digoreng renyah.

  • Tepung Terigu

Tepung terigu merupakan jenis tepung yang paling banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Beragam jenis makanan seperti mie, roti, kue basah maupun kue kering juga banyak yang dibuat dengan menggunakan tepung terigu. Tepung terigu berasal dari biji gandum dan terbagi lagi ke dalam beberapa jenis tergantung kandungan proteinnya, yaitu protein tinggi, sedang dan rendah. Tepung terigu protein tinggi mengandung gluten yang paling tinggi dan sebaliknya tepung terigu protein rendah mengandung paling sedikit gluten.

  • Tepung Tapioka

Tepung tapioca merupakan tepung yang terbuat dari singkong. Tepung jenis ini sering digunakan sebagai campuran dalam pembuatan bakso, siomay atau kue basah.  Fungsi penambahna tepung tapioca adalah untuk menambah kekenyalan makanan. Tepung tapioca yang bebas dari gluten merupakan pilihan tepung yang lebih cocok terutama bagi Anda yang memiliki intoleransi gluten.

Secara umum cara penyimpanan tepung maizena, tapioca dan terigu adalah di tempat yang kering dan bersih. Anda perlu memastikan kalau wadah penyimpanannya tertutup rapat agar kelembaban udara dan kutu tidak masuk ke dalam tepung. Jika tepung menggumpal, berkutu, berjamur atau berubah warna maka sebaiknya hindari menggunakan tepung tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *