10 Bentuk Berlian Pada Solitaire Ring, Round Cut Paling Populer

Berlian yang ada pada cincin solitaire atau solitaire ring memiliki bentuk beragam. Bentuk berlian ini pula yang memberikan daya tarik tersendiri pada cincin. Pasalnya cincin solitaire hanya menggunakan satu butir berlian saja. Jadi mereka harus menonjolkan bentuk berlian ini. Ada banyak sekali bentuk berlian yang bisa ditemukan di pasaran. Berikut ini adalah 10 bentuk berlian paling populer:

Round Cut

Round cut diamond atau berlian berbentuk bundar adalah bentuk berlian paling populer. Bahkan ada sekitar 75% berlian di dunia yang sudah terjual dengan bentuk ini. Popularitas round cut bukan tanpa alasan. Bentuk berlian ini mampu menampilkan kilau dan brilliance yang sangat baik dibandingkan bentuk berlian lain.

Princess Cut

Setelah round cut diamond, bentuk berlian populer selanjutnya adalah princess cut diamond. Banyak wanita memilih cincin solitaire princess cut untuk cincin tunangan. Secara umum, princess cut diamond berbentuk seperti persegi yang sudutnya tajam. Namun ada juga berlian yang sedikit persegi panjang.

Oval Cut

Oval cut diamond memiliki fire dan brilliance sama baiknya dengan round cut diamond. Jika menginginkan tampilan lebih unik selain bundar, maka oval cut adalah pilihan yang tepat. Ciri khasnya yaitu bentuknya agak memanjang dengan ilusi halus seolah-olah berlian terlihat besar.

Marquise Shape

Marquise shape diamond termasuk bentuk berlian yang sedang populer akhir-akhir ini. Ciri khasnya yaitu bentuknya memanjang, sisi menggembung, dan kedua ujungnya lancip. Banyak yang mengatakan marquise shape diamond tampak seperti kapal. Pilih setting yang tepat karena ujung yang lancip rawan pecah.

Pear Cut

Pear cut diamond termasuk bentuk berlian yang manis karena mirip pir atau tetes air mata. Ciri khasnya yaitu satu ujung lancip dan satu lagi membulat. Jika ingin terlihat seperti tetes air mata, maka biasanya ujung lancip berada di bagian atas. Sama seperti marquise shape diamond, ujung yang lancip juga rawan pecah.

Cushion Shape

Princess cut diamond memiliki ujung yang lancip, sementara cushion shape diamond memiliki ujung yang membulat. Tampilannya seperti bantal sehingga dinamakan cushion shape diamond. Bentuk berlian satu ini dikatakan klasik karena sudah ada lebih dari dua abad. Jika menginginkan cincin vintage, pilih berlian cushion shape.

Emerald Shape

Bentuk berlian ini sebelumnya hanya digunakan pada batu emerald saja. Meskipun sudah digunakan pada berlian, namun namanya tetap emerald shape. Ciri khasnya yaitu berbentuk persegi panjang dengan paviliun seperti berlapis. Sangat mewah dan cantik untuk cincin Anda.

Asscher Shape

Asscher shape diamond terlihat mirip dengan emerald shape diamond. Namun bentuknya lebih kotak, sedangkan emerald shape seperti persegi panjang. Bentuk ini muncul pertama kali di Belanda sekitar tahun 1902-an. Lapisan yang banyak membuat asscher shape terlihat semakin mewah.

Radiant Cut

Radiant cut diamond juga berbentuk persegi panjang. Pola persegi yang nampak membuat setiap mahkota dan paviliun berlian terlihat begitu cerah. Radiant cut adalah gabungan dari princess cut dan cushion shape.

Heart Shape

Bentuk potongan terakhir termasuk bentuk potongan berlian populer yaitu heart shape. Sesuai namanya, ciri khas bentuk berlian ini adalah simbol hati. Meskipun tampak simple, namun cukup sulit untuk mendapatkan bentuk heart shape ini. Selain cincin, heart shape diamond sering digunakan pada kalung solitaire.

Itulah 10 bentuk berlian pada solitaire ring atau cincin solitaire. Ingin memiliki cincin minimalis dan elegan ini? The Palace Jeweler menawarkan banyak pilihan bentuk berlian. Ada juga cincin dengan round cut diamond yang paling populer. Langsung kunjungi gerai terdekat atau website www.thepalacejeweler.com untuk melihat koleksinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *