Menggunakan Proyektor Untuk Menonton TV Sehari-hari | Apa itu mungkin?

– Iklan –

Adalah normal untuk menggunakan proyektor di konferensi, untuk presentasi, dan di bioskop, tetapi bagaimana dengan menonton TV setiap hari? Idenya aneh tapi benar-benar realistis.

Anda akan menemukan bahwa ada banyak manfaat menggunakan proyektor sebagai TV daripada kerugian yang diharapkan. Sebagian besar proyektor hadir dengan ukuran layar besar seperti 100 inci dengan harga lebih rendah daripada kebanyakan TV 55 inci dan 65 inci. Dimungkinkan untuk menggunakan proyektor untuk menonton tv sehari-hari, tetapi ada baiknya membahas manfaat dan kontra.

Pada artikel ini, kita akan membahas kemungkinan, pro, dan kontra menggunakan proyektor untuk menonton TV sehari-hari dan juga cara yang benar untuk menggunakan proyektor sebagai TV.

Baca Juga: Panduan Membeli TV | 5 Penggunaan port USB TV yang luar biasa

– Iklan –

Berikut adalah beberapa poin yang akan kita diskusikan saat kita melanjutkan:

Bisakah Anda Menggunakan Proyektor Untuk Menonton TV Sehari-hari?

Adalah 100% mungkin untuk menggunakan proyektor sebagai TV dan untuk menonton TV sehari-hari, meskipun ini tergantung pada apa yang Anda lihat. Misalnya, jika Anda ingin mengejar ketinggalan dengan saluran TV favorit Anda, maka proyektor mungkin tidak memberi Anda alternatif yang sempurna untuk TV. Ini karena TV memiliki tuner built-in yang memungkinkan mereka menerima siaran over-the-air. Meskipun demikian, Anda masih bisa mendapatkan ini dengan proyektor melalui perangkat keras tambahan.

Sebaliknya, jika Anda hanya perlu memainkan game favorit Anda, streaming film, menyajikan informasi, dan sebagainya, maka proyektor akan cocok untuk TV layar lebar Anda. Proyektor juga menghilangkan batasan yang ditimbulkan oleh TV standar karena banyak dari mereka tidak dapat melakukan lebih dari sekadar menjalankan disk dan menyiarkan saluran lokal.

Dengan proyektor, Anda dapat dengan mudah terhubung ke perangkat lain seperti ponsel dan komputer, yang menawarkan lebih banyak fungsi daripada TV biasa. Ini adalah wawasan tentang manfaat dan kemungkinan menggunakan proyektor untuk menonton TV sehari-hari.

– Iklan –

Kelemahan terbesar adalah daya tahan proyektor karena tidak bisa bertahan lama seperti TV. TV menampilkan output video melalui layarnya sementara proyektor menggunakan bohlamnya untuk memproyeksikan video ke layar eksternal. Bola lampu ini beroperasi seperti bola lampu biasa dan dapat terbakar seiring waktu. Dengan demikian, ini dapat menimbulkan masalah besar bagi orang-orang yang menyalakan TV sepanjang hari.

Namun, Anda dapat memilih bohlam dengan masa pakai yang lama, seperti 30.000 jam ke atas, untuk membeli lebih banyak jam menonton menggunakan proyektor Anda.

Pro Dan Kontra Menggunakan Proyektor Sebagai TV

Layar Lebih Besar, Pengalaman Pengguna Lebih Baik

Ini cukup jelas dan sesederhana judulnya. Lebih baik menonton video di layar yang lebih besar daripada di layar yang lebih kecil. Proyektor dapat dengan mudah memberi Anda layar hingga 100 inci, sementara Anda mungkin kesulitan untuk mendapatkan layar 90 inci. Oleh karena itu, pengalaman menonton tidak terbantahkan, seperti yang Anda lihat.

– Iklan –

Proyektor juga telah diteliti bermanfaat bagi mata dan mengurangi ketegangan yang mungkin diderita akibat menonton TV secara teratur.

Ramah kantong

Ini dianggap sebagai keuntungan terbesar menggunakan proyektor di atas TV layar lebar. Kebanyakan proyektor portabel berharga kurang dari $100, sementara TV Samsung dan LG 75-inci mungkin lebih dari $1000. Untuk memastikan TV ini memberikan pengalaman menonton yang Anda inginkan, Anda mungkin juga perlu mendapatkan dudukan dinding gerak penuh yang selanjutnya akan meningkatkan biaya.

Bayangkan membeli proyektor yang dapat ditampilkan dengan sempurna pada layar 300 inci dengan harga hanya sekitar $500 dan TV 90 inci dengan harga sekitar $2000 atau lebih. Namun demikian, Anda mungkin juga perlu membeli beberapa aksesori lain untuk memaksimalkan fungsionalitas proyektor Anda, meskipun proyektor yang memerlukan banyak aksesori biasanya berharga kurang dari $100.

Portabilitas

Meskipun Anda tidak ingin memindahkan proyektor setiap saat, tidak buruk untuk menggunakannya selama periode mendesak. Anda mungkin perlu memberikan presentasi singkat tanpa pemberitahuan sebelumnya atau menikmati beberapa permainan komputer bersama teman-teman Anda.

Kontra Menggunakan Proyektor Untuk Menonton TV Sehari-hari

Kualitas Audio Buruk

Semua TV memiliki pengeras suara built-in; namun, tidak semua proyektor dilengkapi dengan speaker. Ini berarti bahwa untuk menggunakan proyektor, Anda mungkin perlu mendapatkan speaker eksternal. Membeli pengeras suara bisa sangat melelahkan karena Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor sebelum membelinya juga.

Tidak Tahan Lama

Jika TV Anda tidak mengalami kesalahan apa pun, Anda selalu dapat menggunakannya, bukan? Meskipun hal yang sama berlaku untuk proyektor, bohlam pasti akan terbakar di beberapa titik. Ini adalah masalah besar bagi mereka yang menyalakan TV dalam waktu lama karena mereka mungkin perlu sering mengganti bohlam proyektor.

Namun, hal ini dapat dicegah dengan membeli proyektor berkualitas tinggi dengan masa pakai bohlam yang besar.

Membutuhkan Beberapa Pengetahuan Teknis

Menghidupkan TV semudah menekan tombol atau menggunakan beberapa teknik cerdas lainnya. Namun, menyiapkan proyektor Anda untuk memberikan kualitas tampilan terbaik mungkin memerlukan lebih dari sekadar mengklik tombol. Menghubungkan pengaya lain mungkin juga sulit bagi pemula; namun, seiring berjalannya waktu, Anda akan dapat melakukannya dengan mudah.

Dan itulah kelebihan dan kekurangan menggunakan proyektor untuk menonton TV sehari-hari. Anda akan mengamati bahwa kontra tidak sepenuhnya kritis, dan ada jalan keluar untuk masing-masing dari mereka. Tapi karena mereka tidak mudah diselesaikan, kerugian adalah kerugian.

Cara Menggunakan Proyektor Untuk Menonton TV Sehari-hari

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, cara Anda menggunakan proyektor akan ditentukan oleh kebutuhan tampilan Anda. Namun, persyaratan mendasarnya adalah memastikan proyektor Anda dan perangkat lain menyertakan port HDMI untuk koneksi yang mudah. Jika mereka tidak memiliki atau mendukung penggunaan kabel HDMI, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan alternatif seperti adaptor.

Perhatikan bahwa fitur HDMI diperlukan untuk output video, sedangkan output audio mungkin mengharuskan Anda untuk mendapatkan speaker eksternal jika proyektor Anda tidak memiliki speaker internal.

Berikut adalah beberapa peretasan yang dapat Anda pertimbangkan untuk mendapatkan yang terbaik dari TV proyektor Anda:

Kotak kabel

Anda dapat memperoleh kotak kabel dan menghubungkannya ke proyektor melalui kabel HDMI untuk mengoperasikannya seperti TV biasa. Ini mungkin juga memerlukan langganan kabel aktif agar berfungsi dengan baik. Kami merekomendasikan kotak Manajemen Kabel D-line.

Perangkat streaming

Anda juga bisa mendapatkan perangkat streaming seperti Amazon Fire Stick, Roku, Chromecast, dan sebagainya dan menghubungkannya ke proyektor Anda melalui port HDMI. Ini akan memungkinkan Anda untuk melakukan streaming film dan acara dari platform seperti YouTube, NetFlix, dan sebagainya.

Proyektor streaming mandiri: Anda juga bisa mendapatkan proyektor yang memiliki fungsi streaming bawaan dengan penyertaan Android dan fungsi OS lainnya. Dengan proyektor ini, Anda dapat melakukan streaming tanpa perangkat eksternal apa pun.

TV Tuner

Jika Anda perlu mengejar ketinggalan dengan saluran lokal favorit Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk mendapatkan TV tuner untuk proyektor Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk menonton saluran TV lokal dari proyektor Anda.

Untuk keluaran audio, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli proyektor dengan speaker internal, membeli soundbar, atau hanya menyambungkan pengeras suara biasa ke proyektor.

Kesimpulan

Proyektor tentu saja merupakan alternatif terbaik untuk menghindari pembelian TV layar lebar yang mahal dan menawarkan fungsionalitas yang lebih baik daripada kebanyakan. Anda akan mengamati bahwa bahkan bioskop menggunakan proyektor digital sebagai ganti TV 4K dan 8K besar, yang akan menghasilkan kualitas tampilan yang lebih baik.

Meskipun demikian, kualitas gambar proyektor tidak terlalu buruk dan masih bagus pada 1080p, dan beberapa proyektor menampilkan resolusi yang bahkan lebih tinggi dari ini. Sebuah proyektor sudah cukup untuk memberi Anda ruang sinematik yang Anda impikan tanpa merusak bank.

– Iklan –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *