Proyektor Vs TV Besar | Mana Yang Terbaik Untuk Bioskop Rumah?

– Iklan –

Perdebatan tentang apakah lebih baik menggunakan proyektor atau TV dinding tampaknya baru saja dimulai, karena banyak artikel diterbitkan setiap hari untuk membahas topik tersebut. Dalam salah satu artikel terbaru kami, kami juga membahas apakah proyektor dapat digunakan untuk menonton TV sehari-hari. Artikel tersebut cukup bagi Anda untuk berdiri di antara proyektor dan TV dinding. Namun demikian, selalu ada perbedaan yang harus diperbaiki.

Jika Anda mempertimbangkan TV apa pun yang kurang dari 42 inci, maka kita tidak boleh membandingkan proyektor dan TV dinding. Jelas, TV mana pun yang lebih rendah dari ukuran ini tidak cocok dengan proyektor karena tidak logis membandingkan TV 32 inci dengan proyektor 100 inci, apalagi 300 inci. Oleh karena itu, topik hari ini juga dapat dilihat sebagai Proyektor vs TV Dinding Besar.

TV Proyektor Vs Dinding

TV dinding telah menjadi pilihan populer konsumen selama bertahun-tahun dan masih memimpin. Namun, lonjakan harga yang terus menerus seiring dengan peningkatan resolusi TV menjadi cukup mengganggu, dan pecinta TV sekarang membutuhkan alternatif untuk mendapatkan pengalaman sinematik internal mereka. Dengan demikian, proyektor tampaknya merupakan alternatif terbaik untuk TV Dinding.

– Iklan –

Biasanya, proyektor mungkin merasa sulit untuk memotret TV besar terbaru karena tidak memiliki beberapa fitur pintar yang penting. Namun, proyektor pintar lebih baik daripada kebanyakan TV dinding besar karena menawarkan pengalaman menonton yang lebih baik dan memerlukan lebih sedikit aksesori tambahan.

Secara umum, pilihan Anda hanya bergantung pada preferensi Anda, meskipun perbandingan menunjukkan bahwa proyektor mungkin lebih unggul dalam perdebatan. Mari kita periksa keunggulan keduanya satu sama lain.

Keuntungan Proyektor Dibanding TV Dinding

Pengalaman Menonton Lebih Baik

Proyektor telah terbukti memberikan pengalaman menonton yang lebih baik karena dapat ditampilkan di layar yang lebih besar. Saat manusia melihat video dari layar yang lebih besar, pengalaman menonton ditingkatkan dan bermanfaat bagi mata. Oleh karena itu, Anda dapat menikmati pengalaman yang sama seperti TV 4K pada proyektor 1080p.

Sebagian besar TV hadir dengan sudut pandang 60 derajat, hanya yang terbaik yang bisa mencapai sudut pandang 120 derajat. Dengan proyektor, Anda dapat memastikan sudut pandang hingga 178 derajat.

Murah Dan Terjangkau

Bayangkan memperoleh proyektor 100 inci, 4K dengan harga kurang dari $200 sementara TV 90 inci berharga lebih dari $2000. Meskipun Anda mungkin masih memerlukan beberapa aksesori untuk membuat proyektor Anda berfungsi penuh, Anda akan menghabiskan jauh lebih sedikit daripada membeli TV layar lebar yang mungkin juga memerlukan beberapa aksesori.

Portabilitas

– Iklan –

Proyektor juga portabel dan dapat dipindahkan dengan mudah dari satu ruangan ke ruangan lain. Beberapa layar proyektor juga dapat dilipat sehingga Anda dapat pergi ke mana saja dengan TV proyektor Anda. TV di sisi lain tidak mudah dipindahkan; Anda dapat merusak layar saat memindahkannya atau merusak bagian secara sembarangan.

Fungsi yang lebih baik

Karena Anda mungkin menyambungkan proyektor ke komputer lain, fungsinya hampir sama dengan komputer. Jika menurut Anda smart TV akan bekerja lebih baik, itu berarti smart TV akan lebih baik daripada sistem komputer, yang kemungkinan besar tidak terjadi dalam banyak kasus.

Fleksibilitas

Proyektor dapat dipasang di langit-langit atau diletakkan di atas meja, memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dalam hal penempatan. Ini bisa sangat berguna jika Anda tidak memiliki banyak ruang dinding atau ingin dapat memindahkan proyektor dengan mudah.

Keunggulan TV Besar Dibandingkan Proyektor

Kualitas Audio Luar Biasa

– Iklan –

Kualitas keluaran audio adalah masalah utama dalam menggunakan proyektor sebagai pengganti TV. Sebagian besar proyektor tidak dilengkapi dengan speaker internal, dan proyektor yang menyertakan speaker ini memiliki kualitas audio yang buruk. TV lebih baik dalam hal kualitas audio dan dapat dibuat lebih baik dengan jumlah sound system yang tersedia.

Dalam hal membangun home theater Anda, memiliki soundbar adalah pilihan terbaik untuk Anda. Karena kemungkinan besar Anda akan mendapatkan soundbar untuk TV Anda, Anda juga bisa mendapatkannya untuk Proyektor Anda.

Tahan lama

Satu masalah utama yang akan Anda hadapi saat menggunakan proyektor adalah Anda harus sering mengganti bola lampu proyektor. TV lebih tahan lama daripada proyektor karena Anda tidak perlu mengganti bohlam apa pun secara teratur dan dapat menggunakannya selama bertahun-tahun tanpa masalah. Anda harus tahu bahwa semua peralatan listrik rentan mengalami masalah dengan dimasukkannya proyektor. Makanya, jika kedua perangkat dianggap berfungsi penuh, TV akan lebih awet.

Pengalaman Menonton Dinamis

Meskipun Anda dapat mengatur proyektor untuk memberikan pengalaman menonton yang Anda inginkan, tingkat kedinamisan yang mungkin tidak dapat dibandingkan dengan TV. Anda dapat meningkatkan pengalaman menonton TV dengan bantuan Dudukan dinding gerak penuh, tetapi belum ada dudukan untuk proyektor.

Kontras dan Kecerahan

Rentang Dinamis Tinggi (HDR) adalah fitur yang memungkinkan rentang warna yang lebih luas dan kontras yang lebih tinggi pada gambar, sehingga menghasilkan pengalaman menonton yang lebih hidup dan imersif. Sebagian besar TV layar lebar hadir dengan fungsi HDR dan membuat streaming film lebih menyenangkan. Meskipun HDR bisa menjadi fitur hebat untuk dimiliki pada proyektor, itu juga bisa datang dengan serangkaian masalahnya sendiri.

Satu masalah dengan HDR pada proyektor adalah proyektor mungkin tidak dapat menampilkan rentang warna penuh yang dimungkinkan dengan konten HDR. Hal ini dapat mengakibatkan tampilan “pudar” atau kurangnya detail pada sorotan dan bayangan gambar.

Masalah lainnya adalah proyektor mungkin mengalami kesulitan mencapai tingkat kecerahan yang diperlukan untuk memanfaatkan HDR sepenuhnya. Sebagian besar konten HDR dirancang untuk dilihat pada layar dengan kecerahan puncak minimal 1000 nits, sementara banyak proyektor kesulitan mencapai bahkan 500 nits. Ini dapat menghasilkan pengalaman HDR yang kurang berdampak.

Ada juga masalah kompatibilitas yang perlu dipertimbangkan. Tidak semua proyektor kompatibel dengan HDR, dan bahkan yang kompatibel mungkin tidak mendukung semua format HDR yang tersedia. Hal ini dapat menyulitkan untuk mengetahui apakah proyektor Anda dapat menampilkan konten HDR dengan benar.

Secara keseluruhan, meskipun HDR bisa menjadi fitur hebat pada proyektor, penting untuk mengetahui potensi masalah dan melakukan riset untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan pengalaman terbaik.

Kenyamanan

Televisi umumnya lebih mudah diatur dan digunakan daripada proyektor. Tidak perlu khawatir tentang menyiapkan layar atau menemukan permukaan yang cocok untuk diproyeksikan. Cukup colokkan TV dan Anda siap untuk pergi.

Faktor Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Proyektor

Jika Anda yakin proyektor adalah yang terbaik untuk Anda, Anda tetap perlu mempertimbangkan beberapa faktor sebelum membuat keputusan akhir. Faktor-faktor ini meliputi:

Bisakah Anda Menggunakan Proyektor Untuk Menonton TV Sehari-hari?

Ruang Layar

Salah satu faktor utama yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli proyektor adalah ketersediaan ruang dinding untuk layar. Ini adalah aspek di mana membeli TV dinding sangat berguna karena Anda dapat dengan mudah meletakkan TV di rak atau menggantungnya di udara melalui dudukan dinding.

Proyektor tampil lebih baik pada layar besar minimal 100 inci, yang bisa menjadi pukulan telak jika Anda memiliki ruangan kecil. Lebih baik memesan salah satu dinding kamar Anda sebagai layar dalam hal ini untuk menikmati pengalaman menonton terbaik. Namun, Anda tidak dapat membandingkan kualitas tampilan video di dinding biasa dengan layar proyektor.

Aksesori tambahan

Meskipun mendapatkan proyektor akan menghemat banyak uang jika dibandingkan dengan biaya TV layar lebar, Anda tetap harus mempertimbangkan aksesori tambahan yang diperlukan untuk mengoperasikan proyektor Anda pada fungsi maksimal.

Anda mungkin perlu mendapatkan speaker eksternal jika proyektor Anda tidak memiliki speaker internal dan beberapa perangkat lain untuk kapasitas streaming sendiri.

Dalam kebanyakan kasus, Anda mungkin tidak memerlukan semua aksesori ini karena Anda cukup memilih proyektor pintar dengan speaker internal dan Sistem Operasi (OS) canggih dengan harga yang lebih murah dari harga TV dinding.

Pengalaman menonton

Sebuah TV hanya mengharuskan pengguna untuk menekan tombol daya untuk muncul dan menerapkan beberapa teknik penyesuaian, yang bahkan lebih mudah dicapai dengan dudukan dinding gerak penuh. Namun, menentukan posisi terbaik untuk proyektor Anda mungkin memerlukan banyak waktu, dan Anda mungkin tidak dapat melakukannya sendiri.

Namun demikian, melakukan persiapan yang diperlukan seperti mendapatkan layar proyektor sebelum membeli proyektor akan menyelamatkan Anda dari stres ini.

Umur Bohlam

Anda juga harus mempertimbangkan umur bohlam proyektor sebelum melakukannya. Tidak seperti layar TV, bola lampu proyektor sering padam dan harus diganti untuk terus menggunakan proyektor. Ini adalah masalah serius jika Anda kecanduan menyalakan TV sepanjang hari karena Anda perlu mengganti bohlam secara teratur.

Meskipun Anda mungkin memilih bohlam yang lebih tahan lama, Anda tidak dapat benar-benar menghindari mengganti bohlam proyektor yang digunakan sebagai TV setidaknya setahun sekali.

Bisakah Saya Mengganti TV Saya Dengan Proyektor?

Seperti yang telah kami tekankan, proyektor sangat bagus jika dipasang dengan benar dan dapat digunakan sebagai pengganti TV. Mereka menawarkan pengalaman menonton yang lebih baik karena lebih luas dan lebih bersahabat dengan mata. Mereka juga portabel dan karenanya, dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lain tanpa kerumitan.

Fungsionalitas proyektor semakin ditingkatkan oleh komputer yang terhubung dengannya, yang mungkin tidak Anda dapatkan dengan TV. Proyektor pintar juga dapat melakukan streaming video di platform populer seperti YouTube, sementara beberapa juga dilengkapi dengan TV tuner untuk menampilkan saluran lokal.

Jika Anda memiliki proyektor biasa, Anda dapat mempertimbangkan membeli kotak kabel untuk melengkapi dukungan saluran lokalnya dan beberapa aksesori lain untuk mendapatkan yang terbaik darinya.

Kesimpulan

Dalam hal mana yang lebih baik antara TV layar lebar dan Proyektor, TV Besar menang telak. Namun Anda bisa mendapatkan pengalaman TV layar lebar dengan bantuan proyektor dan harganya hanya sebagian kecil dari harga.

Jelas bahwa proyektor dapat dengan mudah dimasukkan ke TV dengan aksesori yang tepat, dan Anda dapat menggunakannya untuk menonton TV sehari-hari. Mendapatkan proyektor pintar bahkan membuatnya lebih baik untuk menggunakan proyektor Anda sebagai TV, yang harganya terjangkau.

Meskipun demikian, Anda bisa mendapatkan TV jika Anda memiliki cukup uang untuk membelinya, terutama TV 4K terbaru. Anda juga bisa mendapatkan TV 8K meskipun Anda mungkin tidak terlalu membutuhkan sesuatu yang setinggi itu untuk digunakan di rumah.

Intinya adalah Anda selalu dapat mempertimbangkan proyektor daripada menghabiskan banyak uang untuk membeli TV.

– Iklan –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *